Saksikan Pada Bulan Agustus 2016 Lima Planet Akan Berbaris Di Langit Dikala Malam Hari

Informasi menarik Admin kutip dari suara.com. Berdasarkan info tersebut pada Agustus 2016 mendatang akan menjadi bulan yang istimewa bagi para penikmat langit, alasannya yaitu lima planet tetangga Bumi akan berbaris rapi di atas horizon. Anda dapat melihatnya dengan mata telanjang, tanpa perlu teropong atau teleskop.

Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus akan menari dalam barisan rapi pada malam-malam Agustus hingga Oktober mendatang. Menurut para astronom, insiden langka ini akan dapat dilihat dari hampir seluruh permukaan Bumi segera sehabis Matahari terbenam.

Menurut Alan Duffy, astronom dari Swinburne University of Technology, Australia deretan planet-planet itu akan terlihat lebih terang oleh para penghuni Khatulistiwa, termasuk dari Indonesia.

Di daerah ini barisan lima bintang itu akan berbaris tegak dari garis horison. Sementara yang berada lebih akrab ke kutub, akan melihat barisan planet itu lebih rendah, lebih akrab ke cakrawala.

"Planet yang berada lebih akrab dengan Matahari, menyerupai Merkurius dan Venus, akan lebih sukar dilihat. Kaprikornus sebaiknya tunggu hingga matahari benar-benar terbenam untuk melihat mereka," kata Duffy.


Duffy juga menjelaskan bahwa tahun ini yaitu kesempatan terakhir umat insan untuk melihat kelima planet itu dengan mata telanjang pada malam hari hingga peluang yang sama kembali tiba pada 2018 (sumber: suara.com)



= Baca Juga =