Jadwal Registrasi Dan Aktivitas Berguru Bersama Maestro (Bbm) 2016


Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar program Belajar Bersama Maestro (BBM) tahun 2016. Kali ini, maestro yang akan menyebarkan pengalaman ialah Amaq Raya, Ni Ketut Arini, Temu Misti, Sirajul Huda, Tom Ibnur, Nano Riantiarno, Jaduk Ferianto, I Made Sidia, Putu Sutawijaya, dan Sundari Sukoco.

Acara ini terbuka bagi siswa-siswi Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan kelas X dan XI se-Indonesia. Kemendikbud membuka registrasi mulai 20 April hingga 23 Mei 2016. Pendaftaran bisa dilakukan secara daring (online) dengan mengunjungi laman: http://bbm.kemdikbud.go.id/.

Syarat & Ketentuan Calon Peserta Belajar Bersama Maestro (BBM)
Peserta didik (siswa) yang sanggup mendaftar menjadi Calon Peserta Belajar Bersama Maestro (BBM) adalah:
1. Peserta ialah siswa/siswi kelas X dan XI Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan swasta dan negeri di seluruh Indonesia yang mempunyai NISN.
2. Menunggah foto dan menautkan video hasil karya ( Video diunggah ke Youtube dengan format judul BBM2016_nama lengkap_nama sekolah_maestro).
3. Mengunggah sertifikat
4. Pengalaman dalam mengikuti kegiatan kesenian (berperan aktif di bidang kesenian). 
5. Bersedia ditempatkan ke maestro diadaptasi dengan kompetensi.
6. Mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah yang bersangkutan.
7. Melampirkan surat keterangan sehat dari dokter dan surat bebas narkoba.
8. Melampirkan surat pernyataan persetujuan dari orang tua.
9. Peserta belum pernah mengikuti kegiatan BBM.

Jadwal Kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) 2016 adalah:
  • Pendaftaran mulai 20 April hingga 23 Mei 2016
  • Seleksi 24 Mei hingga 14 Juni 2016
  • Pengumuman Hasil Seleksi 16 Juni 2016
  • Daftar Ulang 20 – 22 Juni 2016
  • Pelaksanaan 19 – 27 Juli 2016
  • Pertunjukkan/Pentas 29 Juli 2016


Peserta yang lolos seleksi akan bertemu dan berguru dengan para maestro terpilih selama seminggu, yaitu 19-27 Juli 2016. Di simpulan acara, para akseptor akan memperlihatkan hasil belajarnya dalam sebuah pementasan panggung.

Acara yang memasuki tahun ke-2 penyelenggaraan ini dimaksudkan untuk menawarkan pengalaman kepada generasi muda mengenai proses kreatif para maestro dalam berkarya secara lebih dekat. Melalui pengalaman berinteraksi tersebut, diperlukan mereka bisa mengembangkan talenta dan minatnya sehingga kebudayaan Indonesia tetap lestari dan semakin berkembang. Tahun lalu, akseptor BBM berjumlah 75 siswa.



Pendaftaran dilakukan secara online melalaui laman http://bbm.kemdikbud.go.id/daftar. Bagi calon akseptor yang tidak sanggup mendaftar alasannya nisn tidak ditemukan, hal ini terjadi alasannya data nisn belum divalidasi oleh pihak sekolah. Untuk itu calon akseptor masih sanggup mendaftar dengan cara melengkapi dan mengirimkan berkas kepada Panitia BBM yang berisi:
1. Daftar Riwayat Hidup (download format)
2. Sertifikat/Bukti Prestasi di bidang Maestro yang dipilih
3. Foto/Video kemampuan seni sesuai dengan bidang Maestro yang dipilih
4. Rekomendasi dari pihak sekolah yang bersangkutan.
5. Surat keterangan sehat dari dokter dan surat bebas narkoba.
6. Surat pernyataan persetujuan dari orang tua.
Berkas dikirim melalui email bbm@kemdikbud.go.id dengan subjek : “pendaftaran bbm_nama siswa_nomor telp” paling lambat tanggal 17 Juni 2015.
Contoh Subjek Email : PENDAFTARAN BBM_ABU BAKAR ALI_NASIRUN


Terima kasih, mudah-mudahn isu ini bermanfaat. Untuk isu lebih lengkap silahkan kunjungi laman: http://bbm.kemdikbud.go.id/.




= Baca Juga =