Pendaftaran Sbmptn Ac Id 2019/2020

pendaftaran.sbmptn.ac.id 2019 -- Pendaftaran SBMPTN ac id, Pendaftaran SBMPTN Online, Panduan Proses Pendaftaran SBMPTN, Informasi Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN, Tata Cara, Syarat, Jadwal Pendaftaran SBMPTN. Jalur Seleksi Nasional SBMPTN. 2021. 2022.

Pada kesempatan ini admin akan menunjukkan info perihal Pendaftaran SBMPTN ac id 2019/2020. Dengan adanya info ini, supaya mampu menjadi panduan bagi anda dalam melakukan serangkaian proses pendaftaran online SBMPTN. Simak info selengkapnya berikut ini.


pendaftaran.sbmptn.ac.id yaitu portal resmi pendaftaran SBMPTN. Semua proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa gres dilakukan melalui portal tersebut.

Sebelumnya anda tentu telah membaca info SBMPTN pada artikel Pendaftaran Online SBMPTN, nah info ini diberikan sebagai pemanis dari info tersebut. 

Apabila anda belum membaca info SBMPTN, sebaiknya anda kunjungi dahulu artikel SBMPTN tersebut, kemudian anda mampu melanjutkan bacaan mengenai SBMPTN pada artikel ini.

Sebelum mendaftar SBMPTN, maka terlebih dahulu anda harus mengikuti tes yang dikenal dengan nama UTBK. Setelah menerima nilai hasil tes UTBK, gres mampu mendaftar SBMPTN. Baca informasinya : Pendaftaran UTBK

Telah kita ketahui bahwa SBMPTN merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian soal dengan menggunakan santunan komputer (Computer Based Test) atau dikerjakan secara tertulis (Paper Based Test).

Ujian soal tersebut diberikan untuk semua peserta SBMPTN. Sedangkan peserta SBMPTN yang memilih kegiatan studi bidang seni dan keolahragaan harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Kegiatan awal yang harus anda lakukan saat mengikuti SBMPTN yaitu melakukan serangkaian proses pendaftara. Semua rangkaian proses pendaftaran SBMPTN menyerupai pengisian data-data berikut ini dilakukan melalui alamat website pendaftaran.sbmptn.ac.id :
  • Pendaftaran KAP dan PIN (Khusus Non Bidikmisi)
  • Pendaftaran KAP dan PIN Baru (Khusus peserta Bidikmisi yang membayar)
  • Pencetakan Slip Pembayaran (Khusus Non Bidikmisi)
  • Pencetakan Slip Pembayaran (Khusus peserta Bidikmisi yang membayar)
  • Proses Login
  • Unggah Foto
  • Pengisian Biodata
  • Borang Data Pendidikan
  • Pilihan Tempat Ujian dan Prodi
  • Konfirmasi Data dan memilih UTBK
  • Konfirmasi Data dan memilih UTBC
  • Pencetakan Kartu UTBK
  • Pencetakan Kartu UTBC

Itulah data-data yang harus anda isi saat melakukan serangkaian proses pendaftaran SBMPTN. Maka dari itu, anda harus mengakses alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk melakukan serangkaian proses pendaftaran SBMPTN tersebut. Berikut admin berikan info mengenai tata cara pendaftaran SBMPTN secara lengkap.

Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
  1. Calon peserta membuka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  2. Kemudian akan muncul 2 pilihan menu, yaitu hidangan sebelah kiri dan hidangan sebelah kanan.
  3. Pilihlah hidangan sesuai dengan tujuan anda. 
    • Pilih hidangan sebelah kiri jika anda : 
      • Belum mempunyai KAP dan PIN (Reguler)
      • Memerlukan KAP dan PIN Baru (Reguler)
      • Memerlukan KAP dan PIN Baru (Bidikmisi)
    • Pilih hidangan sebelah kanan kalau anda telah mempunyai KAP dan PIN
  4. Jika klik hidangan sebelah kiri, kemudian muncul halaman berikutnya yang meminta anda untuk mengisi data-data berupa peserta bidikmisi? ya atau tidak, nama lengkap, tanggal lahir, dan isi isyarat captcha yang terlihat.
  5. Setelah mengisi data-data tersebut, kemudian klik "daftar" untuk mengikuti proses berikutnya.
  6. Lalu muncul halaman gres yang berisi keterangan KAP, PIN, nama, daerah tanggal lahir serta daerah pembayaran biaya pendaftaran.
  7. Langsung saja anda simpan berkas slip tersebut dengan cara klik kanan pada mouse anda kemudian pilih "save image as" dan simpan di komputer anda.
  8. Berikutnya anda klik tombol "cetak" pada mencetak slip pembayaran melalui komputer dan printer anda. Setelah mencatak, kemudian klik tombol "keluar" untuk keluar dari sistem.
  9. Selanjutnya membayar biaya pendaftaran di BNI / Bank Mandiri / BTN di semua cabang dengan membawa slip pembayaran yang telah dicetak, atau mampu melalui ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, sesuai dengan bank yang dituju.
  10. Selanjutnya saluran kembali halaman pendaftaran.sbmptn.ac.id kemudian klik hidangan sebelah kanan yaitu untuk Calon peserta yang telah memiliki pasangan KAP dan PIN
  11. Lalu isi KAP dan PIN yang telah anda dapatkan saat proses cetak slip pembayaran, isi juga isyarat Captcha yang terlihat kemudian klik tombol "Login"
  12. Lalu unggah foto anda. Sesuaikan dengan ketentuan unggah foto yang berlaku
  13. Isi biodata pendaftaran, borang bata pendidikan, pilihan daerah ujian dan prodi.
  14. Setelah selesai mengisi data-data tersebut, kemudian lakukan konfirmasi data dan memilih UTBC atau UTBK
  15. Jika telah yakin bahwa data anda benar, silahkan cetak kartu dengan cara klik tombol "cetak"
  16. Bawa kartu peserta saat ujian berlangsung, serta berkas lain yang diperlukan.

Untuk info cara menerima KAP dan PIN serta login SBMPTN, silahkan baca pada artikel Cara Mendapatkan KAP dan PIN serta Login Pendaftaran SBMPTN

Itulah tata cara pendaftaran yang mampu anda lakukan saat mendaftar SBMPTN secara online. Alur Pendaftaran SBMPTN lebih rinci untuk masing-masing alur seperti peserta reguler (non-bidikmisi), peserta reguler yang memerlukan KAP dan PIN baru, peserta Bidikmisi yang memerlukan KAP dan PIN baru, mampu anda baca secara rinci pada artikel :

Apabila ada hal yang belum terperinci maka anda mampu pribadi menghubungi panitia SBMPTN di alamat atau contact berikut :

Contact Panitia SBMPTN
Alamat Web : halo.sbmptn.ac.id
No. Telepon : 0804-1-456-456
Untuk info lebih lanjut mengenai SBMPTN menyerupai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, kegiatan pelaksanaan, krteria penerimaan, tahapan seleksi, pilihan prodi dan PTN, daftar Perguruan Tinggi Negeri lengkap, dan lain sebagainya mampu anda baca pada artikel berikut :
Untuk calon peserta Bidikmisi jalur SBMPTN, maka perlu membaca info penting pada artikel :
Itulah info yang mampu admin berikan mengenai Pendaftaran SBMPTN ac id. Mudah-mudahan info tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku yaitu yang ada di website resmi SBMPTN.

Admin turut mendoakan supaya anda mampu lancar dalam melakukan proses pendaftaran SBMPTN dan mampu lulus ujian seleksi SBMPTN. 

Mari bantu bagikan info ini kepada teman lain yang membutuhkan. Caranya pilih tombol G+1 tersedia kemudian pilih teman anda. Cukup sekian info yang mampu admin sampaikan dan salam sukses selalu untuk semua. Good luck