Pedoman Lomba Penemuan Pendidikan Huruf Bangsa Bagi Guru Sma Smk Tahun 2017

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER  2017
Pendidikan huruf bangsa telah menjadi kepedulian pemerintah dan menjadi salah satu aktivitas strategis pada aktivitas Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) periode 2015-2019. Pendidikan huruf bangsa juga menjadi salah satu dari 7 pilar dalam pembangunan pendidikan dan kebudayaan, yaitu: (1) pendidikan untuk semua (2) pendidikan sepanjang hayat (3) pendidikan sebagai suatu gerakan (4) pendidikan menghasilkan pembelajar (5) pendidikan membentuk huruf (6) sekolah yang menyenangkan dan (7) pendidikan membangun kebudayaan. Untuk mendukung aktivitas strategis pemerintah tersebut banyak sekali upaya untuk mengimplementasikan dan menyebarkan pendidikan huruf bangsa telah banyak dilakukan di banyak sekali instansi, yang salah satunya dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud melalui kegiatan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017.


Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 ini ditujukan untuk memperlihatkan penghargaan atas penemuan guru dikmen yang dengan dedikasinya secara inovatif dan kreatif dinilai berhasil dalam menyebarkan pendidikan huruf bangsa di sekolah. Melalui penghargaan tersebut diperlukan akan memotivasi munculnya banyak sekali bentuk kegiatan penemuan pendidikan huruf bangsa lainnya di seluruh tanah air.

Untuk memperlihatkan penghargaan pada guru dikmen yang telah melaksanakan penemuan pendidikan huruf bangsa, maka perlu disusun pedoman pelaksanaan kegiatan lomba penemuan pendidikan huruf bangsa. Pedoman ini akan menjadi pola bagi banyak sekali pihak dan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjaring guru dikmen dalam menyebarkan Pendidikan Karakter Bangsa di sekolah.

PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2017


Berdasarkan pedoman Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017, peserta kegiatan Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017 ini terbagi ke dalam dua kategori, yaitu: 1) bimtek penemuan pendidikan huruf bangsa bagi guru dikmen terseleksi, 2) kegiatan dukungan penghargaan bagi guru dikmen dengan penemuan terbaik. Dengan demikian, persyaratan penerima juga terbagi kepada dua kategori, adalah 1) persyaratan untuk penerima bimtek penemuan pendidikan huruf bangsa bagi guru dikmen dan 2) persyaratan finalis kegiatan dukungan penghargaan bagi guru dengan penemuan terbaik.

1. Persyaratan penerima bimtek penemuan pendidikan huruf bangsa bagi guru
a. Guru Sekolah Menengan Atas dan SMK, baik PNS maupun Non PNS
b. Memiliki NUPTK
c. Guru yang belum pernah menjadi pemenang lomba penemuan pendidikan huruf pada tahun-tahun sebelumnya
d. Guru yang mengajukan action plan berisi planning penemuan pendidikan huruf bangsa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File action plan dalam bentuk pdf, dan dikirim melalui laman www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah file action plan tersebut. Apabila ada media dalam bentuk video sanggup dikirim melalui email kesharlindung.dikmen@gmail.com. Video berdurasi 20 menit, berisi rangkaian seluruh kegiatan penemuan pendidikan huruf bangsa.
e. Guru yang bersedia untuk melaksanakan penemuan pendidikan huruf bangsa di sekolahnya sesuai dengan rencana/action plan yang diajukan.
f. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian proses kegiatan dengan segala ketentuan atau aturan.
g. Mendapat izin persetujuan dari kepala sekolah.

2. Persyaratan finalis lomba penemuan pendidikan huruf bangsa
a. Telah mengikuti kegiatan bimtek penemuan pendidikan huruf bangsa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
b. Menyerahkan laporan selesai pelaksanaan penemuan pendidikan huruf bangsa di sekolah yang mengacu pada pedoman Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemdikbud

Waktu Pelaksanaan Kegiatan dukungan penghargaan guru dengan penemuan pendidikan huruf bangsa terbaik terdiri dari dua kegiatan, adalah 1) penguatan wawasan dan kemampuan Guru dan 2) dukungan penghargaan. Seluruh rangkaian kegiatan memerlukan waktu sekitar delapan bulan dengan rincian sebagai berikut.
1. Tanggal 30 November – 2 Desember 2016 Penyusunan pedoman kegiatan.
2. Bulan Januari 2017: sosialisasi aktivitas kegiatan Inovasi Pendidikan huruf Bangsa melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
3. Bulan Januari – Maret 2017: pengiriman action plan penemuan pendidikan huruf bangsa
4. April 2017 : seleksi action plan
5. April 2017 : Pengumuman penerima bimtek
6. April 2017 : pelaksanaan bimtek/workshop pembekalan/penguatan huruf
7. Mei 2017 : penyusunan anjuran sebagai tindak lanjut dari action plan untuk pelaksanaan penemuan pendidikan huruf
8. Mei – September 2017: pelaksanaan penemuan pendidikan huruf di sekolah
9. September 2017 : visitasi ke-100 sekolah terbaik yang dipilih
10. Oktober 2017 : pelaksanaan dukungan penghargaan
11. November 2017 : penyusunan laporan kegiatan oleh panitia

Demikian info Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017

DOWNLOAD SURAT EDARAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2017 (DISINI)

DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA BAGI GURU Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan TAHUN 2017 (DISINI)

Demikian informasi perihal Pedmoan dan Juknis Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2017. Nanti info tentang Pedmoan dan Juknis Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Tahun 2018


====================================




= Baca Juga =