Target 3 Medali Emas, Indonesia Raih 5 Medali Emas Dalam Ijso 2016

 INDONESIA RAIH 5 MEDALI EMAS DALAM IJSO 2016
Sebanyak 378 siswa dari 48 negara akan berkompetisi dalam ajang "International Junior Science Olympiad (IJSO) 2016", yang diselenggarakan di Bali pada 3 Desember sampai 11 Desember 2016. Indonesia menargetkan sanggup meraih tiga mendali emas dalam IJSO 2016.

Raihan Emas Indonesia dalam IJSO 2016 jauh melapau target, Indonesia meraih 5 medali emas olimpiade sains bau kencur internasional (IJSO) ke-13 2016. Raihan tersebut sekaligus melampaui capaian tahun lalu, yakni 2 emas ketika Korea Selatan menjadi tuan rumah. Lima medali tersebut disumbangkan Nixon Widjaja, Epafroditus Kristiadi, Aditya David, Winston Cahya dan Albert Sutiono.

Torehan emas Indonesia sama dengan Taiwan yang didapuk menjadi negara terbaik. "Paling susah pas penggalan tes teori. Soal-soalnya juga saya kira lebih susah, beda kurikulum di sekolah. Ini yang menciptakan jadi sulit," ujar Nixon usai mendapatkan medali di Hotel Hyatt, Nusa Dua, Denpasar, Bali, Sabtu 10 Desember 2016.

Nixon menyatakan, tes teori menjadi penggalan tersulit ketimbang soal pilihan ganda dan praktik. Menurut dia, sekitar 50 persen soal hampir sama dengan materi-materi yang diberikan pendamping dalam training dan tes seleksi nasional selama 4 bulan. "Senang juga sanggup mampu emas. Taiwan memang masih lebih baik," ujar siswa kelas VIII ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Hammid Muhammad mengaku turut gembira sebab taget 3 emas tahun ini terlampaui. "Tapi yang paling penting, IJSO ini biar generasi muda semakin menyukai sains. Sains bukan hal yang menakutkan, tapi menyenangkan," katanya.

Indonesia unggul dari negara-negara peraih emas lainnya, yakni Rusia (2 emas), Brazil (4), India (4), Rumania (1), Hong Kong (1), Vietnam (2), Hungaria (1), Thailand (1). "Tahun depan akan digelar di Belanda dan mudah-mudahan sanggup meraih lebih banyak emas. Sejauh ini capaian terbaik Indonesia pada 2006 dengan meraih 8 emas," kata Hammid.


The Best Team
Selain berhasil meraih 5 medali emas dan 7 medali perak, delegasi Indonesia juga berhasil menjadi The Best Team pada IJSO XIII di Bali. Tim ini terdiri dari Nixon Widjaja, Raymond Valentino, dan Arkananta Rasendriya. Tim Indonesia ini berhasil meraih nilai 39.25 dan dianugerahi medali perak.


Sementara negara lain yang menjadi The Best Team ialah Brazil, People’s Republic of China, Russian Federation, dan Hongkong.



= Baca Juga =