Tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap menerapkan ujian nasional (UN), sekaligus meningkatkan mutu ujian sekolah dengan menggantinya menjadi ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Adapun Mata pelajaran yang masuk kelompok USBN untuk Sekolah Menengah Pertama ialah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.
Dalam rangka memperisapkan diri menghadapi pelaksanaan USBN Sekolah Menengah Pertama tahun 2018 ini ada baiknya Kamu mengenal Soal Latihan USBN IPS Sekolah Menengah Pertama 2018 dan Kisi-kisi USBN IPS Sekolah Menengah Pertama 2018. Pada kesempatan ini admin membagian pola Latihan Soal USBN IPS 2018 untuk Sekolah yang menggunkan Kurikulum 2013 Contoh ini hanya dipakai sekedar untuk latihan diri serta mencoba kemampuan diri.
Berikut ini pola Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018 2018 2019 2020 2021 2022
Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018 |
Berikut Lanjutan pola Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018 2018 2019 2020 2021 2022
Terima kasih sudah membaca info Latihan Soal USBN IPS SMP/MTS Sesuai Kurikulum 2013 tahun 2018
19 2020 2021 2022
Berikut ini contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013
1. Selain Indonesia, Negara yang mempunyai kekayaan hutan terbesar di dunia adalah
a. Brazil dan Australia
b. Brazil dan Bangladesh
c. Brazil dan Zaeire
2. Tari Pendet berasal dari daerah
a. Bali
b. Aceh
c. Jawa Timur
d. Sulawesi Tenggara
3. Negara yang pendapatan nasional per kapita-nya tinggi dikategorikan sebagai negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. berkembang
d. gagal
4. Negara-negara yang sedang berkembang sering disebut juga dengan istilah negara ... .
a. maju
b. dunia ketiga
c. industri
d. gagal
5. Negara maju yang sumber daya alamnya terbatas tetapi sumber daya manusianya berkualitas adalah.
a. Amerika Serikat c. Jerman
b. Australia d. Jepang
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013
6. Negara-negara di Asia yang dikelompokkan sebagai negara maju ialah ... .
a. Jepang dan Indonesia
b. India dan Pakistan
c. Cina dan Malaysia
d. Jepang dan Korea Selatan
7. Salah satu ciri utama aktivitas ekonomi negara-negara maju ialah adanya komersialisasi bi-dang pertanian. Yang bukan merupakan tujuan komersialisasi bidang pertanian ialah ... .
a. ekspor
b. penggunaan bibit unggul
c. industri pertanian
d. mengisi lahan yang kosong
8. Indonesia menyediakan jalur pelayaran internasional untuk dilewati kapal-kapal bahari dari negara lain, yaitu.
a. Selat Sunda c. Selat Malaka
b. Selat Bali d. Jawaban a,b, dan c benar
9. Dalam bidang kependudukan, yang sanggup dijadikan sebagai tolok ukur kemajuan suatu negara ialah ... .
a. penduduknya padat di wilayah pedesaan
b. pendapatan per kapita tinggi
c. tingkat pengangguran tinggi
d. tingkat buta aksara tinggi
10. Negara di Asia Tenggara yang dikelompokkan sebagai negara industri gres ialah ... .
a. Indonesia
b. Filipina
c. Myanmar
d. Singapura
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019
11. Berdasarkan ciri atau karakteristiknya, negara berikut tidak tergolong negara maju, yaitu.
a. Australia c. Kanada
b. Perancis d. India
12. Salah satu ciri utama negara berkembang dalam bidang pertanian ialah ... .
a. berorientasi ekspor
b. sudah memakai mesinisasi
c. padat karya
d. padat modal
13. Di bidang ketenagakerjaan, sebagianbesar pen-duduk negara maju mempunyai tenaga kerja ... .
a. terdidik
b. tidak terdidik
c. terlatih
d. terdidik dan terlatih
14. Angka maut bayi di negara berkembang dan negara kurang berilmu ialah ... .
a. rendah
b. tinggi
c. sedang
d. rendah sekali
15. Perang Pasifik yang menjadi bab dari Perang Dunia II, yaitu diawali dengan insiden ... .
a. pendudukan Saipan di Kepulauan Marina
b. penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
c. penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
d. penyerangan Jepang atas pangkalan Ang-katan Laut Amerika Serikat.
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019
16. Semangat chauvinistis yang digencarkan Jerman mempunyai pengertian ... .
a. kesetiaan berlebihan pada negara sendiri
b. pinjaman negara terhadap rakyatnya
c. keamanan bagi sebuah negara
d. kemampuan ekonomi negara
17. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara berkembang pada umumnya ialah ….
a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
b. melaksanakan urbanisasi
c. menghapus kemelaratan
d. pembangunan di segala bidang
18. Pandangan Jerman dan Italia yang membang-gakan kekuatan militernya disebut ... .
a. fasisme
b. irredente
c. keamanan bagi suatu negara
d. merkantilisme
19. Tujuan diberlakukannya sistem ekonomi Gerakan Benteng adalah....
a. memajukan perusahaan daerah
b. menawarkan kredit lunak untuk para pengusaha pribumi
c. melindungi pengusaha pribumi dari persaingan dengan pengusaha nonpribumi
d. menawarkan akomodasi bea ekspor bagi pengusaha non pribumi
20. Salah satu isi Perjanjian Postdam 1945 ialah ... .
a. demiliterisasi angkatan perang Jerman
b. penyerahan Pulau Kuriel dan Sakhalin kepada Rusia
c. mengadili semua tokoh fasis yang dianggap sebagai penjahat perang
d. pengawasan Italia oleh pasukan Amerika Serikat
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019
21. Beberapa negara blok fasis yang terlibat dalam Perang Dunia II antara lain ... .
a. Jerman, Italia, Belgia
b. Italia, Jerman, Inggris
c. Jerman, Italia, Jepang
d. Jerman, Prancis, Inggris
22. Salah satu hasil yang tertuang dalam Perjanji-an San Fransisco 1952 antara lain ... .
a. Jepang harus membayar biaya perang kepada Sekutu
b. Jepang harus menawarkan kemerdekaan kepada semua bekas wilayah jajahannya
c. mengadili semua penjahat perang
d. Jepang harus memperbaiki kerusakan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat
23. Beberapa pulau di Indonesia yang termasuk wilayah I ketika pendudukan Jepang antara lain ... .
a. Jawa dan Madura
b. Sumatera dan Jawa
c. Kalimantan dan Sulawesi
d. Sumatera dan Kalimantan
24. Barisan pelajar sekolah lanjutan bentukan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia ialah ... .
a. seinendan
b. keibodan
c. gakutokai
d. jawa hokokai
25. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1). perbedaan kebutuhan dan kepentingan setiap penduduk
2). adanya pertumbuhan penduduk
3). adanya perbedaan kondisi antarwilayah
4). penyebaran penduduk yang tidak merata
5). kondisi struktur penduduk yang kurang menguntungkan
Dari lima pernyataan di atas, yang merupakan sumber duduk kasus kependudukan yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk adalah….
a. 1) c. 3) dan 4)
b. 2) d. 4) dan 5)
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019
26. Gerakan Tiga A dipimpin oleh... .
a. Ir. Soekarno
c. K.H. Mas Mansyur
b. Syahrir
d. Mr. Syamsudin
27. Pada tanggal 8 Maret 1942, pemerintah Hindia Belanda mengalah kepada Jepang di ... .
a. Karawang b. Kalijati
c. Tuntang d. Tasikmalaya
29. Pada tanggal 8 Desember 1941, Jepang menye-rang Pearl Harbour di Hawaii, sebuah pangkal-an bahari milik negara ... .
a. Inggris b. Belanda
c. Amerika Serikat d. Jerman
30. Setelah Gerakan Tiga A dianggap tidak mengun-tungkan, maka organisasi tersebut oleh Jepangdibubarkan. Sebagai gantinya dibuat organisasi ... .
a. Putera b. Parindra
c. MIAI d. Masyumi
31. Salah satu organisasi keagamaan yang dibi-arkan berkembang oleh Jepang ialah ... .
a. MIAI b. Muhamadiyah
c. Masyumi d. Nahdlatul Ulama
32. Perhatikan pernyataan berikut!
1). Diperkenalkan oleh Menteri Perekonomian Iskaq Cokroadisuryo pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I tahun 1954
2). Bentuk kolaborasi ekonomi antara pengusaha pribumi dan nonpribumi.
3). Menekankan pada kebijakan Indonesianisasi yang mendorong tumbuh dan berkembangnya pengusaha-pengusaha swasta nasional pribumi.
Sistem ekonomi yang sesuai dengan pernyataan tersebut, ialah ....
a. sistem ekonomi Gerakan Benteng
b. sistem ekonomi Rencana Soemitro
c. sistem ekonomi Ali-Baba
d. system ekonimi Gunting Syafrudin
33. Pemimpin-pemimpin di bawah ini pada mulanya melaksanakan strategi kooperasi dengan pemrintah Jepang, kecuali ... .
a. Ir. Soekarno
b. Drs. Moh. Hatta
c. Sutan Syahrir
d. Mr. Achmad Subarjo
34. Tujuan Jepang membentuk Seinendan ialah ... .
a. melatih para cowok semoga sanggup memper-tahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri
b. melatih para cowok semoga berilmu meng-olah kekayaan alam
c. melatih para cowok semoga jago menggu-nakan senjata
d. melatih para cowok untuk berperang
35. Perhatikan beberapa sekolah tinggi tinggi berikut!
1). Universitas Gadjah Mada
2). Universitas Andalas
3). Universitas Padjajaran
4). Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
5). Universitas Nasrani Indonesia
6). Akademi Pelayaran
Dari beberapa perguruan tinggi di atas, perguruan tinggi yang didirikan
pada masa awal kemerdekaan ialah ….
a. (1)
b. (2)
c. (3) dan (4)
d. (5) dan (6)
Lanjutan contoh Soal Latihan UAS atau Penilaian Akhir Semester IPS Kelas 9 (IX) SMP/MTS sesuai Kurikulum 2013 tahun 2016 2018 2018 2019
II. Jawablah Pertanyaan di bawah ini
1. Mengapa Indonesia sampai saat ini belum dikelompokkan sebagai salah satu negara maju di dunia?
2. Jelaskan potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia dalam mendukung Indonesia menjadi negara maju.
3. Jelaskan kondisi hubungan Indonesia dengan salah satu negara maju di dunia dalam aspek ekonomi dan politik!
4. Apa hubungan antara Dekrit Presiden 1959 dengan berakhirnya masa Demokrasi Liberal?
5. Mengapa perjuangan inventarisasi, dokumentasi, dan penelitian warisan budaya nasional perlu dilakukan?