Di Cina Nyontek Ketika Ujian Akan Dipenjara 7 Tahun

Para pelajar yang tertangkap menyontek dalam ujian masuk akademi tinggi negeri (PTN) di Cina pada tahun ini akan dipenjara, demikian diwartakan kantor isu Xinhua, Selasa (7/6/2016). 

Mereka yang terbukti menyontek dalam ujian akan menghadapi eksekusi penjara paling lamam tujuh tahun. Selain itu mereka juga akan dihentikan mengikuti ujian di sistem pendidikan nasional selama tiga tahun.




"Otoritas pendidikan yakin bahwa bahaya eksekusi berat terhadap para penerima ujian akan menciptakan ujian ini lebih adil, alasannya ujian ini dinilai sebagai bab penting dari pemenuhan keadilan sosial," tulis surat kabar pemerintah Cina, Global Timesseperti dikutip Reuters.



Kementerian pendidikan Cina dan kepolisian telah meminta pemerintah-pemerintah lokal untuk lebih serius mengatasi problem ketidakjujuran dalam ujian. Pemerintah komunis juga telah menggelar sejumlah operasi untuk mencari dan menyita perangkat-perangkat teknologi ibarat ponsel yang dipakai untuk menyontek.



Ujian masuk akademi tinggi negeri di Cina digelar serempak pada Selasa. Jutaan pelajar bersaing untuk merebut bangku universitas negeri, yang sama ibarat di Indonesia, jumlahnya sangat terbatas.



Pada tahun ini diperkirakan sebanyak 9,4 juta pelajar di Cina mengikuti ujian masuk akademi tinggi negeri. (suara.com)




= Baca Juga =