Jokowi Dijadwalkan Buka Muktamar Mathla'ul Anwar Di Pandeglang

Hari ini, Sabtu 8 Agustus 2015 Presiden Joko Widodo (Jokowi) didamping Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan membuka Muktamar ke XIX Ormas Islam Mathla'ul Anwar di Alun-Alun Kabupaten Pandeglang, Banten.


"Pak Joko Widodo dipastikan akan hadir untuk membuka Muktamar Mathala'ul Anwar, dan rencananya ada empat anggota Kabinet Kerja, di antaranya Menteri Sosial dan satu pejabat setingkat menteri akan mendampingi presiden," kata panitia Muktamar ke XIX Mahtla'ul Anwar Arief Rachman ditemui sedang melaksanakan persiapan di Alun-alun Pandeglang, Jumat malam.
Ia menyatakan, program pembukaan muktamar Ormas Islam yang dididirikan 10 tahun lebih dulu dibandingkan Nahdlatul Ulama (NU) itu akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.
"Insya Allah muktamar nanti akan dihadiri sekitar 120 ribu pengurus dan simpatisan Mathla'ul Anwar dari seluruh Indonesia, dan untuk pejabat kawasan dipastikan akan hadir Gubenur Banten Rano Karno," katanya.
Mathla'ul Anwar didirikan oleh KH Mas Abadurahman, empat tahun sesudah berdirinya Muhammadiyah serta 10 tahun lebih awal dibanding Nahdlatul Ulama (NU). Muhammadiyah dirikan pada 18 November 1912 di Kauman Yogyakarta oleh KH Ahmad Dahlan dan NU pada 31 Januari 1926 di Surabaya, Jawa Timur oleh KH Hasyim Asy’ari.
Ormas Islam ini, hingga kini masih tetap pada khitahnya yaitu bergerak pada bidang pendidikan, keagamaan dan sosial. Ketua Umum Pengurus Besar Mathla'ul Anwar KH Sadeli Karim menyatakan Mathla'ul Anwar akan tetap mempertahankan khitahnya sebagai organiasi bergerak pada bidang pendidikan, keagamaan dan sosial.
Untuk bidang pendidikan, kata dia, Mathla'ul Anwar dikala ini mengelola 2.000 satuan pendidikan mulai TK/RA hingga sekolah tinggi tinggi, tersebar di hampir seluruh provinsi, mulai dari Aceh, Ambon hingga Papua.
Sumber: http://news.okezone.com/