Uji Normalitas (Pengujian Lilliefors) Dan Homogenitas Varian Dengan Ms Excel Dan Spss

Salah satu persyaratan analisis data hasil penelitian  untuk memilih teknik analisis yang akan dipakai  adalah UJI NORMALITAS. Melalui software SPSS Uji Normalitas sanggup dilakukan dengan menggunakan  One Sample Kolmogorov Smirnov Test

Adapun langkah-langkahnya yakni isi data hasil penelitian, sesudah lengkap dan benar kemudian Pilih  Analyze Pilih Nonparamteric Test Pilih Sampel Ks Isi Kolom dengan variabel yang akan diuji. Dengan menggunakan taraf signifikansi  =5% maka ketentuan mengenai kenormalan data diindikasikan dengan:
a.      Nilai Asymp. Sig. atau probabilitas lebih besar dari 0.05 (Sig.> 0.05) yang artinya data terdistribusi secara normal
b.      Nilai Asymp. Sig. atau probabilitas lebih kecil dari 0.05 (Sig.< 0.05) yang artinya tidak terdistribusi secara normal.

Sekalipun pengujian normalitas menggunakan  One Sample Kolmogorov Smirnov Test merupakan koreksi dari pengujian Lilliefors.  Namun dalam pelaksanaannya banyak peneliti yang harus memakai teknik  pengujian Lilliefors, terutama bagi mereka yang akan menguji normalitas galat taksir.


=================================

= Baca Juga =